Manfaat ERP Pada Perusahan, Apa Saja?

Manfaat-ERP-Pada-Perusahan-Apa-SajaManfaat ERP pada perusahaan telah terhitung banyak. ERP mampu mengintegrasikan semua departemen dan fungsi seluruh perusahaan ke sebuah sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan pegawai. Masing-masing departemen pada perusahaan biasanya memiliki sistem komputer sendiri untuk melakukan tugasnya.

Tapi ERP menggabungkan mereka semua bersama-sama ke dalam sebuah program perangkat lunak yang terintegrasi sehingga berbagai departemen dapat lebih mudah berbagi informasi serta berkomunikasi satu sama lain. Pada dasarnya, manfaat ERP pada perusahaan adalah mewujudkan arus informasi, prosedur, dan hubungan antara fungsi serta kegiatan pada seluruh karyawan. Berikut manfaat ERP pada perusahaan.

1. Cukup satu kali memasukkan data untuk mendapatkan beberapa laporan.
2. Status barang/order dapat dipantau setiap saat.
3. Data base marketing dapat dilihat dan diperbarui setiap saat.
4. Pencarian data dapat lebih mudah dan cepat.
5. Penyebaran informasi dilakukan secara serempak dan bersamaan ke tiap departemen sehingga tidak perlu saling menunggu lama guna mendapatkan informasi atau data.
6. Membantu pelaksanaan dan pendokumentasian komunikasi internal antar karyawan.
7. Kelancaran proses kerja sehingga keinginan pelanggan dapat terpenuhi.
8. Mengotomatisasi proses bisnis seperti faktur dan penjualan dan pesanan pembelian dalam satu sistem.
9. Dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi perusahaan Anda, dan memberikan solusi yang pada akhirnya akan menghemat waktu juga biaya.
10. Sebagai implementasi ERP mengubah cara orang bekerja, manajemen puncak harus proaktif dalam menjelaskan alasan, dan bagaimana perusahaan secara keseluruhan akan mendapatkan keuntungan.

Sebelum munculnya aplikasi ERP, sekali pesanan pelanggan ditempatkan, akan menggunakan cara kuno dengan menyambung satu ke divisi lainnya. Proses manual ini rentan terhadap kesalahan dan keterlambatan, sampai perintah itu masuk ke dalam aplikasi dari departemen tertentu, barang tidak dapat diproduksi atau dikirim. Dengan sistem ERP, pesanan pelanggan dimasukkan hanya sekali, dan informasi ini dapat dilihat oleh semua divisi.

Setelah order masuk, cek jika barang tersedia dalam persediaan. Jika barang tidak tersedia, itu menimbulkan pesanan pembelian yang kemudian digunakan oleh tim produksi untuk memproduksi barang-barang, dan oleh tim keuangan untuk mengeluarkan faktur. Begitulah beberapa manfaat ERP pada perusahaan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Read more:
Manajemen Inventori Barang Lebih Mudah dengan Sistem ERP?

Manajemen inventori barang yang ada dalam perusahaan akan lebih mudah di kerjakan dengan menggunakan sistem ERP. ERP dapat meningkatkan produktivitas...

Perusahaan yang Menggunakan ERP akan Dapatkan Keuntungan Ini

Perusahaan yang menggunakan ERP akan banyak dapat keuntungan, karena layanan ERP. Center akan meningkatkan income bagi perusahaan secara mudah dan...

Close